Jumat, 19 Oktober 2012

SENSITIZING


MODUL  4
SENSITIZING
A.      Understanding Relations Within Sentences
Mengerti Hubungan Antar Kalimat
Sebenarnya tujuan khusus dalam kegiatan belajar  ini adalah untuk  mengetahui struktur kalimat yang kompleks, sehingga dalam memahami arti secara keseluruhan lebih mudah. Untuk memahami hubungan antar kaimat dapat kita kenali dari salah satu bagian isi yang terpenting pada suatu kalimat yang kompleks. Hal ini akan lebih mudah ketika kita membaca kalimat tersebut serta memahami artinya. Sehingga tidak terjebak dengan informasi tambahan yang terkadang akan mengalihkan perhatianmu pada kalimat utamanya.
Grellet (1981) menyebutkan “Suatu cara untuk membaca secara efisisen adalah bukan memindai setiap kata yang dibaca, akan lebih efektif apabila kita memahami struktur kalimat tersebut secara utuh dalam sekali baca”.
Untuk membedakan secara mudah dan cepat kita ketahui bahwa inti dari kalimat adalah:
Subjek – Predikat – Objek  / (i.e subject -  Verb – Object) dan biasanya masih ada keterangan.

B.      Understanding Relations Within Complex Sentences
Tujuan khusus dalam kegiatan belajar kali ini adalah untuk memahami hubungan antar kalimat yang kompleks berdasarkan dari artinya. Untuk memahami kalimat yang kompleks yaitu dengan cara engidentifikasi / mempelajari kata-kata yang pas dalam kalimat tersebut sehingga kita dapat menemukan ide dari paragraph tersebut. Untuk memahami hubungan tersebut akan dapat dilakukan apabila kita memahami arti dari kalimat-kalimat yang ada dan meliputi paragraph tersebut.

C.      Linking Sentences and Ideas: Reference
Tujuan khusus dalam kegiatan belajar ini adalah untuk mendalami dan memahami tentang referensi.  Merujuk pada Grellet (1981) :hubungan yang structural dengan kalimat yang berdiri sendiri adalah suatu kesatuan yang tak terpisahkan untuk mendapatkan arti secara penuh/keseluruhan. Seperti menggunakan kata “as this, that, it, etc yang mengacu pada sesuatu yang telah disebutkan. Seperti cataphora dan anaphora. Ketidakpahaman tentang salah satu atau kedua duanya akan menjadikan ketidakpahaman untuk mengerti isi dari paragraph.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar