Jumat, 19 Oktober 2012

BENTUK MIKRO


BENTUK MIKRO
Pelestarian Bahan pustaka yang lain salah satunya adalah pengalihan bentuk dokumen menjadi bentuk yang lebih kecil atau mikro atau yang biasa lazim disebut dengan microfilm.
Kelebihan bentuk microfilm adalah hemat ruang, aman dari pencurian, mudah direproduksi dan murah, mudah diakses, akurat dan ekonomis.
Kekurangan bentuk mikro ini adalah harus memakai alat baca yang harganya cukup mahal dan selalu berubah mutu serta mahalnya alat baca menjadi kendala bagi perpustakaan. Membaca dengan alat baca yang kaku mengurangi kenyamanan pembacanya. Untuk mengatasi hal tersebut diberikan alternative dengan cara membuat hard copy yang dapat dibawa sekehendak pembacanya.

CD-ROM
Tekhnologi video disc yang semula dicobakan untuk pelestarian bahan pustaka di Library of congres tahun 1982 ternyata telah berkembang lebih maju untuk penyimpanan, pengolahan, dan penemuan informasi yang handal dewasa ini.
Sesuai dengan namanya, data atau informasi digital yang sudah direkam didalam CD-ROM tidak dapat dihapus atau ditambah pemakai, tetapi hanya bias dibaca saja.
Beberapa keunggulan CD-ROM:
a.       Sarana penyimpanan informasi berkapasitas tinggi
b.      Memudahkan penelusuran literature
c.       Tahan terhadap gangguan elektromagnetik
d.      Bagi perpustakaan CD-ROM memudahkan pembuatan catalog.
e.      Mempercepat penerbitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar