Jumat, 19 Oktober 2012

CONTOH PROPOSAL DESA WISATA









PROPOSAL PENGEMBANGAN DESA WISATA





Desa                                       :  Babagan                                                   
Kecamatan                           :  Lasem
Kabupaten                           :  Rembang
Provinsi                                :  Jawa Tengah                                           









Kata Pengantar

            Puji Syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Karena atas limpahan rahmat- Nya,  kami dapat menyusun rencana usulan Desa Wisata, Tahun 2013. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata, karena telah memberikan perhatian yang sangat besar dan kesempatan kepada kami untuk menyusun proposal ini, kepariwisataan kami dapat berkembang dan memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.   
            Kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan proposal ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Hal ini tentunya disebabkan salah satunya  keterbatasan kemampuan dan wawasan kami di dalam mengaplikasikannya ke dalam bentuk tulisan. Maka dari itu kami mohon maaf sebesar-besarnya. 
            Tak lupa kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah serta semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, yang telah memberikan dukungan  demi tersusunnya proposal ini.
            Semoga apa yang telah kami kerjakan menjadi suatu kebaikan dan bermanfaat bagi kami masyarakat desa Babagan serta masyarakat Indonesia pada umumnya.



                                                                        Babagan,    Mei  2012
                                                                        Ketua Pokdarwis



P A R D J A N, SH





PEDAHULUAN


  1. LATAR BELAKANG
  Pengembangan pariwisata Indonesia Menggunakan konsepsi pariwisata budaya Yang dirumuskan dalam Undang-undang Pariwisata Nomor 09 Tahun 1990 yang menyatakan bahwa “Kepariwisataan merupakan peran penting untuk memperluas dan memeratakan  kesempatan berusaha dan lapangan kerja, mendorong pembangunan daerah, memperbesar pendapatan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat serta memupuk rasa cinta tanah air, memperkaya kebudayaan nasional dan memantapkan pembinaanya dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa dan mempererat persahabatan antar bangsa”.  Pariwisata budaya sebagai suatu kebijaksanaan pengembangan kepariwisataan Indonesia menekankan pada penampilan unsur-unsur budaya sebagai asset utama menarik wisatawan berkunjung ke Indonesia.
            Berkembangnya kelompok sadar wisata (POKDARWIS) “Sarwo Endah” Babagan yang disertai majunya industry batik tulis Lasem di Kabupaten Rembang memberikan dampak positif yang sangat luas bagi masyarakat maupun pemerintah daerah terkait dengan penyerapan tenaga kerja, penyediaan lapangan usaha, meningkatnya sumber daya manusia, serta mendorong tumbuh dan berkembangnya sektor ekonomi lainya dengan tidak melupakan kegiatan Sapta Pesona Pariwisata. Perlunya support dari semua pihak secara komprehansisf terhadap Pokdarwis “Babagan Sarwo Endah” dan batik tulis Lasem agar dalam upaya melestarikan batik tulis focus dan riil manfaatnya.
          Selain itu banyaknya potensi sumber daya alam dan manusia dalam hal ini mempunyai potensi kepariwisataan juga bisa di gali lebih jauh, sehingga keragaman daya tarik kepariwisataan yang bi di hadirkan bisa menarik wisatawan untuk sering berkunjung di Desa Babagan.

  1.   Maksud dan Tujuan
1.      Mengetahui pengembangan obyek wisata budaya Desa Babagan baik secara fisik maupun non fisik.
2.      Berusaha mengungkapkan dampak-dampak positif dari pengembangan obyek wisata terhadap kesenian dan system religi daerah setempat.
3.      Berusaha mengungkapkan dampak-dampak negative dari pengembangan obyek wisata terhadap kesenian dan sistem religi daerah setempat.
4.      Meningkatkan pendapatan desa pada khususnya serta pendapatan daerah dan masyarakat pada umumnya, perluasan kesempatan dan lapangan kerja, mendorong kegiatan industri penunjang pariwisata dan industri sampingan lainnya.
5.      Memperkenalkan dan mendayagunakan keindahan alam dan budaya desa wisata.
6.      Meningkatkan persaudaraan antar sesama baik etnis maupun pribumi di desa Babagan.

Untuk pengembangan desa wisata perlu menata kembali desa Babagan yang terkenal sebagai sentra batik tulis menjadi kawasan wisata yang representatif:

  1. Menata kawasan desa Babagan dengan disain yang artistik menarik dan unik sebagai daerah kunjungan wisata.
  2. Menata workshop pengrajin batik tulis mejadi showroom yang menarik sehingga memudahkan para calon pembeli yang ingin belanja.
  3. Tersedianya Homestay dan tempat parkir yang memadai.
  4. Tersedianya MCK yang sehat dan bersih.
  5. Tersedianya sanggar seni tari tradisional
  6. Tersedianya aula dan labolatorium batik tulis yaitu semacam museum yang memberikan contoh bagaimana proses pembuatan batik tulis menjadi sebuah karya seni yang mempuayai nilai seni dan nilai jual yang tinggi.
  7. Mengangkat potensi wisata lainnya yang ada di desa Babagan seperti memanfaatkan sungai Babagan sebagai sarana transportasi wisata ke desa wisata tetangga yaitu Desa Kedungmulyo.
  8. Promosi dengan mengikuti event pariwisata di tingkat nasional.

      Maka dari itu dengan potensi desa wisata kami yang sudah ada, kami mencoba untuk menggali potensi-potensi lain yang bisa berperan dalam berkembangnya desa wisata kami. Diantaranya adalah pemanfaatan sungai Babagan sebagai obyek wisata. Sungai Babagan adalah yang berbatasan dengan desa-desa di sekitarnya seperti desa Babagan, desa Karangturi, desa Dasun, desa Soditan, desa Gedongmulyo dan kami melihat ada satu potensi wisata yang cukup besar yang bisa dikembangakan karena sungai Babagan bermuara ke laut tepatnya di pantai Gedong yang berjarak kira-kira 2 Km dari desa Babagan kemudian bisa di teruskan ke desa Punjulharjo, desa Binangun, desa Bonang.

Informasi
U r a i a n
Nama usulan kegiatan
Pengadaan Kapal Pesiar ukuran kecil
Jenis usulan kegiatan
Pembelian kapal ukuran kecil lengkap dengan fasilitas yang ada seperti pelampung, pembangunan dermaga kecil untuk bersandarnya kapal pesiar
Lokasi pelaksanaan
Desa Babagan tepatnya di sungai Babagan
Dasar pertimbangan usulan kegiatan
Menghidupkan kembali tradisi yang dulu pernah ada yaitu penyeberanagn dari desa Babagan ke desa seberang yaitu desa Karangturi, selain itu sebagai sarana transportasi wisata dari desa Babagan ke desa wisata yang lain yaitu desa Gedongmulyo yang juga sebagai desa wisata, yang saat ini juga sedang mengembangkan potensi desa wisata mereka yaitu wisata pantai Gedong yang sudah terkenal di daerah Lasem dan sekitarnya
Manfaat apa yang akan diperoleh apabila kegiatan tersebut dilaksanakan
Manfaatnya adalah meningkatkan pendapatan masyarakat dan desa Babagan. Dengan adanya perahu wisata maka para wisatawan apabila akan menuju desa wisata tetangga yaitu desa Gedongmulyo maka akan ada dua pilihan jalur transportasi wisata yaitu jalur darat dan sungai begitu juga sebaliknya.
Potensi pariwisata apa yang dapat dikembangkan apabila kegiatan tersebut dilaksanakan
Potensi yang akan muncul adalah wisata alam yang sangat indah nan mempesona karena sungai Babagan ini akan bermuara ke laut yang jaraknya kira-kira 2 Km dari desa Babagan yang akan langsung berlabuh di pantai Gedong desa Gedongmulyo yang sudah terkenal di daerah Lasem dan sekitarnya
Desa/Kawasan mana saja yang bisa turut dikembangkan apabila kawasan penerima bantuan desa wisata berkembang
Yaitu desa Dasun, KarangTuri, Soditan, Gedongmulyo, Karasgede, Karaskepoh,Punjulharjo, Binangun, Bonang
Berapa jumlah masyarakat yang akan menrima manfaat apabila kegiatan ini dilaksanakan
Yang menerima manfaat langsung adalah mereka yang ikut membangun dermaga, awak kapal pesiar, dan masyarakat desa Babagan serta para wisatawan yang akan menikmati perjalanan wisata



Informasi
U r a i a n
Nama usulan kegiatan
Pengadaan Pondok Wisata
Jenis usulan kegiatan
Pembangunan Pondok Wisata
Lokasi pelaksanaan
Di sebelah Balai Desa Babagan
Dasar pertimbangan usulan kegiatan
Menyediakan tempat penginapan atau tempat tinggal sementara yang murah bagi para wisatawan yang akan berkunjung lebih dari satu hari
Manfaat yang akan diperoleh apabila kegiatan tersebut dilaksanakan
Para wisatawan akan lebih mudah mengenal lebih dekat tentang potensi desa wisata desa Babagan, agar para wisatawan kerasan dan mau berkunjung kembali
Berapa jumlah masyarakat yang dapat menerima manfaat apabilan kegiatan ini dilaksanakan
Jumlah masyarakat yang dapat menerima manfaat langsung dari kegiatan ini adalah mereka yang terlibat langsung dalam pembangunan Homestay yaitu para tukang dan kuli bangunan dan apabila sudah jadi maka akan dibutuhkan seseorang untuk memelihara dan merawat Homestay tersebut

Ukuran Homestay yang disepakati oleh Pokdarwis adalah sebagai berikut :
Ukuran                        Panjang           :  16 M
Lebar               :    4 M
Tinggi              :    4 M














Informasi
U r a i a n
Nama usulan kegiatan
Pengadaan sanggar seni budaya
Jenis usulan kegiatan
Pembangunan sanggar seni budaya
Lokasi pelaksanaan
Desa Babagan
Dasar pertimbangan usulan kegiatan
Dengan adanya sanggar seni budaya diharapkan  dapat melestarikan seni budaya yang sudah ada
Manfaat apa yang akan diperoleh apabila kegiatan tersebut dilaksanakan
Dengan adanya sanggar seni budaya diharapkan para wisatawan bisa mengenal lebih jauh seni budaya apa saja yang ada di desa Babagan di samping batik tulis yang sudah terkenal itu
Potensi pariwisata apa yang timbul apabila kegiatan tersebut dilaksanakan
Petensi yang akan timbul adalah sebagai pelengkap pada potensi utama namun demikian kedepannya potensinya akan menjadi sama besar dengan potensi yang utama
Berapa jumlah masyarakat yang akan menerima manfaat apabila kegiatan tersebut dilaksanakan
Jumlah masyarakat yang akan menrima manfaat tersebut adalah mereka yang berkecimpung di bidang seni

Sanggar seni yang disepakati oleh Pokdarwis adalah sebagai berikut :
Ukuran                        Panjang           :  20 M
                                    Lebar               :  10 M
                                    Tinggi              :    6 M




 

                 Lampiran  :         Keputusan Kepala Dinas
                                                Kebudayaan Pariwisata Pemuda
                                                Dan Olah Raga Kabupaten Rembang
                                                Nomor  : 556/779/2009
                                                Tanggal : 27 Agustus 2009

SUSUNAN PENGURUS POKDARWIS BABAGAN SARWO ENDAH
DESA BABAGAN KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG
TAHUN 2009

  1. Penanggung Jawab   :  Kepala Desa Babagan
  2. Ketua                                      :  Pardjan, SH
  3. Wakil Ketua                           :  Marunik
  4. Sekretaris                               :  Hendris Kristanto
  5. Bendahara                              :  Samadi


       Seksi-seksi
1.      Seksi Kebersihan dan Lingkungan Hidup
Ketua                                       :  Kanafi
Anggota                                   :  Kusriono Indrawan
                                                   Sudjatman
                                                   Asturi
2.      Seksi Kesehatan        
Ketua                                       :  Musripah
Anggota                                   :  Lilis Minarti
                                                   Puput Yudo Irawan
                                                   Ari Nur Faidah
3.      Seksi Ketertiban Dan Keamanan
Ketua                                       : Matakrip
Anggota                                   : Nurhasim
                                                  Rujianto
                                                  Nuhadi
4.      Seksi Budaya
Ketua                                       :  Joko Sri Purwanto
Anggota                                   :  Djanari
                                                   Triyono
                                                   Sri Bhinekawati
                                                   Rujiman

SUSUNAN KEPENGURUSAN
LEMBAGA KESWADAYAAN MASYARAKAT (LKM)
DESA BABAGAN KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG





  1. KETUA                                  :  MARUNIK
  2. SEKRETARIS                       :  HENDRIS KRISTANTO
  3. BENDAHARA                      :  SAMADI
  4. SEKSI PARIWISATA          :  MUSRIPAH


                       



1 komentar: