MODUL 1
Pemanfaatan Media dalam
Perpustakaan
Secara
khusus perpustakaan berfungsi sebagai tempat pengumpulan, pengelolaan,
pemanfaatan dan penyebarluasan informasi. Untuk melaksanakan fungsi-fungsi ini
secara efektif maka isi perpustakaan seharusnya tidak hanya terbatas pada
koleksi media cetak saja seperti buku, referensi, dan ensiklopedi, akan tetapi
juga media non cetak lain.
KEGIATAN
BELAJAR 1
Definisi
dan Klasifikasi Media
A.
DEFINISI
MEDIA DAN TEKNOLOGI
Definisi
tentang media telah banyak dikemukaan oleh para ahli. Pada umumnya para ahli
membuat definisi tentang media berdasarkan sudut pandang komunikasi. Jika
dilihat dari asal katanya, media merupakan kata jamak dari kata medium. Kata
ini berasal dari bahasa latin yang berarti antara. Dari sudut pandang
komunikasi medium berarti sesuatu yang dapat menjadi perantara dalam proses
komunikasi. Medium dapat juga berarti sesuatu yang dapat membantu penyampaian
pesan dan informasi dari sumber pesan (komunikator) kepada penerima pesan
(komunikan).
Teknologi
sebagai produk berarti perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak
(software) yang merupakan hasil aplikasi dari proses teknologi. Contoh
teknologi berupa produk misalnya proyektor slide,
kamera, film, dan sebagainya. Sedangkan teknologi sebagai proses mempunyai arti
adanya aplikasi yang sistematis dari pengetahuan ilmiah untuk melaksanakan
tugas-tugas yang bersifat praktis.
Robert
Heinich dan kawan-kawan (1986) mengemukaan definisi medium sebagai sesuatu yang
membawa informasi antara sumber (source)
dan penerima (receiver) informasi.
Kemp dan Dayton (1986), mengemukakan bahwa peran media dalam proses komunikasi
adalah sebagai alat pengirim (transfer)
yang mentransmisikan pesan dari pengirim (sender)
kepada penerima pesan atau informasi (receiver).
B.
KARAKTERISTIK
DAN KLASIFIKASI MEDIA
Jerold Kemp (1986) mengemukakan beberapa faktor yang
merupakan karakteristik dari media. Faktor-faktor tersebut yaitu :
a.
Kemampuan
dalam menyajikan gambar (presentation)
b.
Faktor
ukuran (size) besar atau kecil
c.
Faktor
warna (color) hitam putih atau
bewarna
d.
Faktor
gerak : diam atau bergerak
e.
Faktor
bahasa : tertulis atau lisan
f.
Faktor
keterkaitan antara gambar dan suara : gambar saja, suara saja atau gabungan
antara gambar dan suara
Robert
Heinich dan kawan-kawan (1986) mengemukakan beberapa klasifikasi media sebagai
berikut :
a.
Gambar-gambar
yang tidak diproyeksikan (non-projected
visuals)
b.
Gambar-gambar
yang diproyeksikan (projected visuls)
c.
Media
suara (audio media)
d.
Sistem
multimedia (multimedia system)
e.
Film
f.
Televisi
g.
Komputer
Media juga
dapat diklarifikasikan berdasarkan kemampuan dalam mengungkapkan konsep-konsep
yang bersifat abstrak dan konkrit. Medium kaset audio daapat diklarifikasikan
dalam medium yang mampu menyajikan konsep-konsep abstrak,sedangkan medium film
dan video dapat diklarifikasikan kedalam medium yang memiliki kemampuan untuk
mengomunikasikan informasi yang bersifat konkrit.
C.
KEUNTUNGAN
DALAM MEMANFAATKAN MEDIA
Secara umum penggunaan media untuk keperluan
mengomunikasikan informasi akan memberikan keuntungan bagi penggunaannya antara
lain :
a.
Informasi
yang dikomunikasikan menjadi lebih standar
b.
Penyajian
informasi dapat dibuat menjadi lebih menarik
c.
Kualitas
penerimaan informasi menjadi lebih baik
d.
Memungkinkan
terjadinya proses belajar sacara individual
D.
PERAN
KOMPUTER DALAM PEPUSTAKAAN
Pada
umumnya penggunaan komputer dilakukan untuk berbagai keperluan atau aplikasi
yaitu:
1.
Pengetikan
(word processing)
2.
Desain
dan pembuatan grafis (graphic design)
3.
Penyimpanan
data (data storage)
4.
Pengolahan
data (analysis)
5.
Telekomunikasi
melalui jaringan (internet)
Agar
penggunaan komputer di perpustakaan dapat memberikan kontribusi yang optimal,
pengelola perpustakaan perlu menyiapkan hal antara lain : Peralatan, tata
letak, operator atau teknisi, sarana penunjang dan aturan pemakaian.
KEGIATAN
BELAJAR 2
Tujuan
Pemanfaatan Media
Empat jenis layanan perpustakaan
yang dikemukakan oleh Beenhamdan Marrison (1991), yaitu :
1.
Menyediakan
fasilitas untuk pengembangan individu dan kelompok dari berbagai tingkat
pendidikan
2.
Memberikan
pelayanan dan jasa untuk memperoleh informasi dari keanekaragaman Ilmu
Pengetahuan
3.
Sebagai
pusat pengembangan kebudayaan melaluai bantuan dalam pengembangan peran serta
dan penghayata terhadap segala bentuk seni
4.
Sebagai
pusat pengembangan hobi dan rekreasi bagi orang yang ingin mengembangkan minat
dan kesenangannya.
TUJUAN PEMANFAATAN MEDIA
Pemanfaatan
media secara umum mempunyai beberapa tujuan. Kemp dan Daiton (1985)
mengemukakan tiga tujuan dalam pemanfaatan media, yaitu :
1.
Memotivasi
(to motivate)
2.
Menyampaikan
informasi (to inform)
3.
Pembelajaran
(to learn)
Media dapat dimanfaatkan untuk
mempresentasikan atau menyajikan informasi baik kepada individu atau kelompok.
Untuk maksud penyajian informasi, media dapat mengomunikasikan informasi yang
bersifat umum. Media yang digunakan untuk maksud menyajikan informasi biasanya
tidak menuntut pemakai atau pemirsanya memberikan respon aktif terhadap
informasi yang diterimanya. Dalam hal ini pemakai media hanya
dapat mendengan dan melihat informasi secara pasif.
Keputusan untuk membeli media
dari produsen yang dipilih harus mempertimbangkan berbagai faktor yaitu
1.
Isi
(content)
2.
Tujuan
(purpose)
3.
Kesesuaian
(appropriateness)
4.
Biaya
(cost)
5.
Kualitas
teknik (technical quality)
6.
Faktor
pemakaian (circumstances of use)
7.
Uji
coba (verifikasi)
8.
Validasi
(validation)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar