Jumat, 19 Oktober 2012

Pemanfaatan Media dalam Perpustakaan


MODUL 1
Pemanfaatan Media dalam
Perpustakaan
           
Secara khusus perpustakaan berfungsi sebagai tempat pengumpulan, pengelolaan, pemanfaatan dan penyebarluasan informasi. Untuk melaksanakan fungsi-fungsi ini secara efektif maka isi perpustakaan seharusnya tidak hanya terbatas pada koleksi media cetak saja seperti buku, referensi, dan ensiklopedi, akan tetapi juga media non cetak lain.


KEGIATAN BELAJAR 1
Definisi dan Klasifikasi Media

A.     DEFINISI MEDIA DAN TEKNOLOGI
Definisi tentang media telah banyak dikemukaan oleh para ahli. Pada umumnya para ahli membuat definisi tentang media berdasarkan sudut pandang komunikasi. Jika dilihat dari asal katanya, media merupakan kata jamak dari kata medium. Kata ini berasal dari bahasa latin yang berarti antara. Dari sudut pandang komunikasi medium berarti sesuatu yang dapat menjadi perantara dalam proses komunikasi. Medium dapat juga berarti sesuatu yang dapat membantu penyampaian pesan dan informasi dari sumber pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan).
Teknologi sebagai produk berarti perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang merupakan hasil aplikasi dari proses teknologi. Contoh teknologi berupa produk misalnya proyektor slide, kamera, film, dan sebagainya. Sedangkan teknologi sebagai proses mempunyai arti adanya aplikasi yang sistematis dari pengetahuan ilmiah untuk melaksanakan tugas-tugas yang bersifat praktis.
Robert Heinich dan kawan-kawan (1986) mengemukaan definisi medium sebagai sesuatu yang membawa informasi antara sumber (source) dan penerima (receiver) informasi. Kemp dan Dayton (1986), mengemukakan bahwa peran media dalam proses komunikasi adalah sebagai alat pengirim (transfer) yang mentransmisikan pesan dari pengirim (sender) kepada penerima pesan atau informasi (receiver).
B.     KARAKTERISTIK DAN KLASIFIKASI MEDIA
Jerold Kemp (1986) mengemukakan beberapa faktor yang merupakan karakteristik dari media. Faktor-faktor tersebut yaitu :
a.       Kemampuan dalam menyajikan gambar (presentation)
b.      Faktor ukuran (size) besar atau kecil
c.       Faktor warna (color) hitam putih atau bewarna
d.      Faktor gerak : diam atau bergerak
e.       Faktor bahasa : tertulis atau lisan
f.       Faktor keterkaitan antara gambar dan suara : gambar saja, suara saja atau gabungan antara gambar dan suara
Robert Heinich dan kawan-kawan (1986) mengemukakan beberapa klasifikasi media sebagai berikut :
a.       Gambar-gambar yang tidak diproyeksikan (non-projected visuals)
b.      Gambar-gambar yang diproyeksikan (projected visuls)
c.       Media suara (audio media)
d.      Sistem multimedia (multimedia system)
e.       Film
f.       Televisi
g.       Komputer
Media juga dapat diklarifikasikan berdasarkan kemampuan dalam mengungkapkan konsep-konsep yang bersifat abstrak dan konkrit. Medium kaset audio daapat diklarifikasikan dalam medium yang mampu menyajikan konsep-konsep abstrak,sedangkan medium film dan video dapat diklarifikasikan kedalam medium yang memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan informasi yang bersifat konkrit.
C.     KEUNTUNGAN DALAM MEMANFAATKAN MEDIA
Secara umum penggunaan media untuk keperluan mengomunikasikan informasi akan memberikan keuntungan bagi penggunaannya antara lain :
a.         Informasi yang dikomunikasikan menjadi lebih standar
b.         Penyajian informasi dapat dibuat menjadi lebih menarik
c.         Kualitas penerimaan informasi menjadi lebih baik
d.         Memungkinkan terjadinya proses belajar sacara individual

D.     PERAN KOMPUTER DALAM PEPUSTAKAAN
Pada umumnya penggunaan komputer dilakukan untuk berbagai keperluan atau aplikasi yaitu:
1.      Pengetikan (word processing)
2.      Desain dan pembuatan grafis (graphic design)
3.      Penyimpanan data (data storage)
4.      Pengolahan data (analysis)
5.      Telekomunikasi melalui jaringan (internet)
Agar penggunaan komputer di perpustakaan dapat memberikan kontribusi yang optimal, pengelola perpustakaan perlu menyiapkan hal antara lain : Peralatan, tata letak, operator atau teknisi, sarana penunjang dan aturan pemakaian.




KEGIATAN BELAJAR 2
Tujuan Pemanfaatan Media

Empat jenis layanan perpustakaan yang dikemukakan oleh Beenhamdan Marrison (1991), yaitu :
1.      Menyediakan fasilitas untuk pengembangan individu dan kelompok dari berbagai tingkat pendidikan
2.      Memberikan pelayanan dan jasa untuk memperoleh informasi dari keanekaragaman Ilmu Pengetahuan
3.      Sebagai pusat pengembangan kebudayaan melaluai bantuan dalam pengembangan peran serta dan penghayata terhadap segala bentuk seni
4.      Sebagai pusat pengembangan hobi dan rekreasi bagi orang yang ingin mengembangkan minat dan kesenangannya.
TUJUAN PEMANFAATAN MEDIA
            Pemanfaatan media secara umum mempunyai beberapa tujuan. Kemp dan Daiton (1985) mengemukakan tiga tujuan dalam pemanfaatan media, yaitu :
1.      Memotivasi (to motivate)
2.      Menyampaikan informasi (to inform)
3.      Pembelajaran (to learn)
Media dapat dimanfaatkan untuk mempresentasikan atau menyajikan informasi baik kepada individu atau kelompok. Untuk maksud penyajian informasi, media dapat mengomunikasikan informasi yang bersifat umum. Media yang digunakan untuk maksud menyajikan informasi biasanya tidak menuntut pemakai atau pemirsanya memberikan respon aktif terhadap informasi yang diterimanya. Dalam hal ini pemakai media hanya dapat mendengan dan melihat informasi secara pasif.
Keputusan untuk membeli media dari produsen yang dipilih harus mempertimbangkan berbagai faktor yaitu
1.      Isi (content)
2.      Tujuan (purpose)
3.      Kesesuaian (appropriateness)
4.      Biaya (cost)
5.      Kualitas teknik (technical quality)
6.      Faktor pemakaian (circumstances of use)
7.      Uji coba (verifikasi)
8.      Validasi (validation)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar